Kamis, 17 Maret 2011

Cara Install Windows XP di Notebook dan Netbook


Kali ini mempostingkan tentang bagaimana cara meng-install WindowsXP di Laptop/Notebook dan Netbook yang notabennya atau kebanyakan orang-orang mengatakan "Laptop/Notebook dan Netbook sekarang gak bisa pake WinXP, cuma bisa Windows 7 doank...". Semua itu salah besar! karena WindowsXP belum sepenuhnya ditinggalkan, mengingat masih banyaknya Developer Software dan Games masih cenderung men-develop-kan ke WindowsXP.



Di Windows 7 (Seven) masih banyak software-software dan game-game masih sulit diakses dikarenakan perbedaan architecture dan kernel.Memang ada cara di Windows 7 untuk mengakses software & game dengan meng-klik kanan pada EXE program --> properties --> compatibility --> run as Windows XP . Tetapi Hanya pada beberapa Software & Game. Terus ada solusi kedua dengan menggunakan VMware memang dengan menggunakan Software ini (VMware), kita bisa langsung jalankan software-software & game-game XP di Windows 7, tanpa perlu menginstall WinXP atau Memvirtualisasikan dengan Virtual Mechine.

Tetapi menjalankan Game dengan VMware masih banyak kekurangannya, game yang ditampilkan akan tidak sesuai dengan VGA komputer. Lagipula VMware hanya dapat menampilkan pada ukuran VGA 64 MB meskipun VGA Komputer Anda Bagus, VMware akan tetap membaca VGA Anda 64 MB. Ini memungkinkan Gambar pada Game akan sedikit patah-patah bahkan tidak jalan sama sekali, karena hasil virtualisasi dengan VGA 64 MB. Untuk itu solusi yang terbaik adalah mengganti / men-downgrade Windows 7 Anda ke Windows XP. Bagi Anda yang MANIAK dengan GAME sama seperti saya tanpa neko-neko udah ganti aja Windows 7 Anda, menjadi Windows XP, tapi kalau emang masih CINTA dengan Windows 7 yaudah gak usa praktek.. tinggalin aja ni... tapi gak salah liat postingan saya lumayan buat nambah ilmu.

Untuk beberapa Laptop/Notebook dan Netbook yang harddisknya menggunakan SATA, pada umumnya jika ingin beralih ke WindowsXP dibutuhkan Driver tambahan yakni AHCI SATA Controller untuk Mainboard Intel, dan AHCI SATA RAID Controller untuk Mainboard AMD.

Bagi Anda yang belum memiliki Driver-Driver tersebut saya punya Driver Standarnya untuk AHCI SATA Controller dan AHCI SATA RAID Controller silahkan di download Gratiss Kok hehehe

Untuk Mainboard - Processor INTEL
 http://www.mediafire.com/?uxlhiup1yl7bqxp

Untuk Mainboard - Processor AMD
http://www.mediafire.com/?7wbeh79huj4hc1r 

PERHATIAN!!!! Driver-driver di atas merupakan driver-driver standard yang banyak digunakan di Laptop/Notebook dan Netbook, ada baiknya di cek dulu sebelum Anda download driver-driver di atas, kemungkinan SATA Controller yang Anda gunakan bisa jadi yang terbaru.

Bagi yang sudah punya CD Windows, langkah yang Anda harus lakukan hanya men-download program N-LITE, klik link berikut untuk mendownload:
 http://www.nliteos.com/download.html

PERHATIAN!! N-Lite Membutuhkan .Net Framework 2.0 SP 1 atau lebih, klik link .Net Framework (Offline) asli dari (Micorsoft)  berikut untuk mendownload :

.NET Framework Client Profile Offline Installer
http://www.microsoft.com/downloads/en/details.aspx?FamilyID=992CFFCB-F8CE-41D9-8BD6-31F3E216285C&displaylang=en 

Kemudian, peralatan lain yang dibutuhkan adalah program WinToFlash, program ini dibutuhkan untuk Netbook saja, karena Netbook tidak menggunakan CD/DVD ROM, klik link berikut untuk mendownload :

http://wintoflash.com/download/en

Hanya Opsional aja , dibutuhkan Magicdisc atau Deamon Tool, progrm Virtual CD/DVD untuk me-mounting-kan ISO, atau isitilah lain Drive CD/DVD boongan  Program ini TIDAK WAJIB hanya digunakan bagi Anda yang males pake CD aja  Bagi pengguna Netbook program ini menjadi WAJIB dimiliki, karena yang emang gak ada CD/DVD ROM nya.

Langkah-Langkah Menginstall Windows XP (Lewat CD dan USB Flashdisk)
 
1. Masukan CD WindowsXP Anda ke CD/DVD ROM atau Mount-kan ISO WindowsXP.
2. Buka program N-Lite Anda, kemudian tentukan di mana letak (path) Drive CD Windows XP.






3. Klik Next, kemudian WAJIB pilih opsi DRIVERS dan BOOTABLE ISO, buat yang lain Opsional aja   Suka-Suka  saya suka opsi Unattended, karena opsi ini bisa otomatis pada saat Install Windows, gak perlu lagi masukin Serial Number.



4. Kemudian klik next, Masukan Driver SATA Controller nya. Pilih SALAH satu Driver aja, kalau Anda pengguna Mainboard Processor INTEL, pilih yang Driver buat INTEL, kalau pengguna AMD ya.. pilih Driver buat AMD juga.




 5. Masukan Driver-Driver (untuk pengguna INTEL). Kemudian Pilih Textmode Driver.




Masukan Driver-Driver (untuk pengguna AMD). Kemudian Pilih Textmode Driver.
PERHATIAN!! Untuk pengguna AMD pastikan, Windows yang Anda gunakan Windows XP 32 bit atau Windows XP 64 bit, kalau 32 bit pilih Driver yang x86, kalau 64 bit pilih Driver yang x64.



6.Gak Wajib, hanya opsional aja bagi yang gak mau ribet Masukin Serial Number, Regional Setting, Computer Name, Users, dll pada saat Windows XP di install.



Opsi ini bisa langsung di lewati kalau emang Anda gak suka dengan yang ini, dengan mengklik Next.

7. Proses pengumpulan paramenter akan berjalan, kemudian klik Make ISO, dan proses pembuatan ISO akan berjalan. Dan Klik Next... selesai deh! Pembuatan Windows XP dengan Driver SATA Controller.

Langkah selanjutnya adalah bagi Anda yang ingin mejalankan installer Windows XP ini melalui CD, Anda bisa langsung Burning dengan Nero Burning ROM atau dengan ImgBurn yang Gratisan hehehe . Bagi Anda yang ingin menjalan installer Windows XP melalui USB Flashdisk, yang harus Anda lakukan adalah menjalankan program WinToFlash. Berikut tutorial cara pembuatannya.

1. Buka program WinToFlash pilih "Mode Lanjutan" JANGAN pilih "Mode Wizard". Kemudian pilih "Transfer Windows XP/2003 (x86/x64) setup untuk USB drive".






2. Masukan Path (alamat) Drive CD/DVD ROM Anda dimana ditarunya CD/ISO Windows XP dan Masukan Path (alamat) Drive USB Flashdisk Anda.

3. Pilih Tab Format, Ada kriteria yang harus Anda ketahui sebelum mem-format USB Flashdisk Anda:
Untuk pengguna USB Flashdisk dengan kapasitas 1 s/d 2 GigaByte (GB), Anda harus menggunakan opsi "FAT 16 LBA".
Untuk pengguna USB Flashdisk dengan kapasitas 4 GigaByte (GB) atau lebih, Anda harus menggunakan opsi "FAT 32 LBA".

4. Klik Next, kemudian proses peng-Copy-an akan segera berjalan.

5. Jika Berhasil format USB Flashdisk Anda akan seperti gambar berikut :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar